Menara Yang Harus Di Kunjungi Bersama Keluarga

Tahukan anda, 10 menara indah di dunia yang mempunyai keunikan tersendiri? Lihatlah gambarnya, Menara merupakan sebuah bangunan yang sering digunakan pada jaman terdahulu, jika umat islam sering menggunakan menara untuk mengumandangkan adzan, jika umat Kristen suka menggunakan menara untuk lonceng atau juga jika di jaman perang menara tersebut sering digunakan untuk memantau pergerakan musuh. Tetapi dijaman modern sekarang ini, menara-menara tersebut sudah banyak di alih fungsikan, bahkan sebagian menara dijadikan sebagai lambing atau ikon sebuah kota dan Negara tertentu di dunia.  
Walaupun pembangunan menara-menara tersebut telah di bangun sejak jaman dulu, tetapi keindahan dan nilai arsitekturnya sangat luar biasa dan menjadi daya tarik bagi setiap orang yang melihatnya hingga sekarang karena menara unik ini dan mempunyai keindahan tersendiri.Nah, berikut ini merupakan 10 menara indah di dunia, diantaranya yaitu :


  1. Menara Eiffel, Paris
Menara Eiffel, Paris

Siap sii yang tidak tahu atau tidak kenal dengan sebuah menara terindah dan terkenal di dunia ini. Menara Eiffel ini pertama dibangun pada tahun 1889 yang dirancang oleh seorang arsitektur terkenal dijaman itu yang bernama Gustave Eiffel. Tahukah anda, ternyata menara ini merupakan menara tertinggi di dunia yang terletak di kota paris, Perancis. Selain itu, menara ini merupakan salah satu menara terindah di dunia yang menjadi symbol kota Paris, maka tak heran jika menara ini menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal ataupun dari mancanegara.


  1. Menara Giralda, Seville (Spanyol)
Menara Giralda, Seville (Spanyol)

Giralda merupakan sebuah menara katedral yang memiliki ketinggian 104,5 meter, dulunya menara ini merupakan sebuah menara masjid yang dibangun pada tahun 1198 oleh seorang matematikawan dan juga sekaligus sebagai astronom islam yang bernama Jabir bin Aflah atau lebih dikenal di dunia barat dengan sebutan Geber. Namun pada tahun 1248 terjadi perebutan atas kekuasaan spanyol dari kaum muslim oleh para kaum katolik, sehingga menara ini menjadi beralih fungsi menjadi sebuah menara katedral Sevilla dan digunakan sebagai menara lonceng.


  1. Menara Miring, Pisa (Italia)
Menara Miring, Pisa (Italia)

Menara yang menjadi daya tarik dunia ini merupakan sebuah menara lonceng yang menjadi salah satu keajaiban dunia, menara ini dibangun pada tahun 1173, proses pembangunan menara ini menghabiskan waktu selama 117 tahun. Pada awal selesai dibangun menara ini berdiri tegak, namun karena dibangun diatas tanah yang lunak maka bangunan menara menjadi miring sekitar 5,5 derajat. Tetapi setelah terjadi restorasi di tahun 1990 dan 2001, maka tingkat kemiringan menara menjadi 3,99 derajat.


  1. Menara Big Ben, London (Inggris)
Menara Big Ben, London (Inggris)

Di kota London merupakan kota yang sangat terkenal akan keindahan alam dan juga arsitektur bangunannya, di kota ini terdapat sebuah menara jam raksasa yang juga terkenal di dunia dan menjadi ikon kota London. Menara Big Ben bukan sebuah nama asli dari menara ini, melainkan menara ini bernama menara Elizabeth. Pembangunan menara ini selesai dibangun pada tahun 1858 dengan menerapkan gaya Gothic-Revival, menara ini digunakan sebagai menara lonceng.


  1. Menara Campanile, Venesia (Italia)
Menara Campanile, Venesia (Italia)

Menara Campanile merupakan sebuah menara lonceng yang sangat indah yang digunakan sebagai gereja yang bernama Gereja Basilika San Marco. Menara ini terletak di kota Venesia dan menara ini memiliki ketinggian 98 meter, pembangunan telah dilakukan pada tahun 1514. Tetapi bangunan tersebut pernah ambruk pada tahun 1902 dan pada tahun 1912 menara ini dibanun kembali dengan desain yang mirip dengan aslinya. Di menara ini merupakan tempat dimana pertama dikenalkannya teleskop yang dibuat oleh Galileo pada tahun 1609, jika ingin melihat replikan dari menara ini dapat dijumpai di dua kota Las vegas dan juga Macau.


  1. Menara Jam Gadang, Bukit Tinggi (Indonesia)
Menara Jam Gadang, Bukit Tinggi

Menara ini merupakan sebuah menara jam yang ada di kota Bukit Tinggi dan menjadi landmark kota tersebut, menara ini dibangun pada tahun 1926 yang merupakan sebuah hadiah dari Ratu Belanda yang diberikan kepada kota Fork de Knock yang pada jaman itu merupakan nama kota Bukit Tinggi. Nama menara Jam Gadang merupakan sebuah nama yang berarti “jam besar” dan menara ini juga merupakan kawasan titik 0 kota Bukit Tinggi. Namun menara ini telah mengalami 3 kali perubahan pada bagian atapnya, seperti dimasa Hindia-Belanda atap menara ini berbentuk kubah, sedangkan pada masa penjajahan jepang dirubah menjadi sebuah pagoda dan terakhir dirubah kembali setelah Indonesia merdeka menjadi ciri khas rumah adat daerah Minangkabau.


  1. Menara Lonceng Giotto, Florence (Italia)
Menara Lonceng Giotto, Florence (Italia)

Menara lonceng yang memiliki ketinggian 85 meter ini merupakan sebuah menara Katedral Florence yang merupakan sebuah menara kebanggaan kota Florence. Nama dari menara ini diambil dari nama seseorang yang merancang menara ini yaitu Giotto dan pembangunan menara tersebut dilakukan pada tahun 1334 hingga 1359.


  1. Menara Belem, Lisboa (Portugal)
Menara Belem, Lisboa (Portugal)

Pembangunan menara yang pernah menjadi sebuah benteng pertahanan kota Lisboa ini dibangun pada abad ke 16, menara ini merupakan menara yang dipergunakan untuk memantau pergerakan musuh dijaman itu.


  1. Menara Pagoda Leifeng, Cina
Menara Pagoda Leifeng, Cina

Menara ini merupakan sebuah pagoda yang sangat indah dan mempesona yang berada di Cina, pagoda ini pada awalnya dibangun pada tahun 975 M bertujuan sebagai bentuk rasa syukur sang Raja dari sebuah kerajaan yang bernama Wuyue atas kelahiran Putranya. Keunikan dari pagoda ini yaitu dari bentuknya yang octagonal (persegi delapan) yang terdiri dari 5 lantai dan setiap lantai disusun dengan menggunakan batu bata dan kayu.


  1. Menara Harkness, New Haven (AS)
Menara Harkness, New Haven (AS)

Menara ini merupakan sebuah menara yang terletak dikawasan Universitas terkenal yang bernama Yale University, lokasinya terletak di New Haven, Amerika Serikat. Pembangunan menara ini dilakukan pada tahun 1917 sampai 1921 dengan menggunakan dana hasil donasi dari seorang sosialita yang bernama Anna M. Harkness. Menara indah ini memiliki ketinggian 66 meter dan uniknya lagi didalam menara terdapat sebuah lonceng yang memiliki bobot 43 ton.Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai 10 menara indah di dunia. Semoga sedikit informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Comments